loading...

MANFAAT TANAMAN JANGGUL DALAM MENJAGA KESEHATAN

loading...
MANFAAT TANAMAN JANGGUL DALAM MENJAGA KESEHATAN

Di Indonesia, tanaman satu ini memang dikenal sebagai gulma belaka. Jarang orang yang mengetahui bahwa ternyata tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal dan sayuran. Namun di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat, masyarakatnya sudah mengenalnya sebagai sayuran. Junggul kerap disajikan dalam menu lalapan maupun urab dan pecel.


Sebagai sebuah tanaman gulma, Junggul mudah diberantas. Karena ukurannya besar dan memiliki perakaran yang mudah tercabut. Namun dengan mengetahui manfaat Junggul, agaknya kita mesti pikir dua kali sebelum benar-benar memberantasnya dari pekarangan atau perkebunan kita. Manfaat sayur yang juga dikenal dengan nama Sintrong, Taplek, Jambrong, Tespong, Bagini, Mandrung-Mandrung, Jombloh dan Puyungini dikenal sebagai obat untuk pencahar. Selain itu juga dipercaya bisa mengobati kontraksi dan kram di organ dalam perut. 

1. Mencegah Radang

Manfaat Junggul untuk kesehatan baik sekali sebagai anti inflamasi. Ini artinya sayuran gulma ini ampuh untuk mengobati radang. Jika anda sering mengalami radang tenggorokan, maka sayur junggul ini sungguh begitu baik untuk kesehatan tenggorokan anda. Jadi tak mudah alami radang lagi.

2. Mencegah Sembelit

Khasiat Junggul selama ini juga terkenal dalam pencegahan penyakit sembelit. Manfaat sayuran gulma ini akan melancarkan saluran pencernaan anda. Sehingga usus selalu bersih tak tersendat. Alhasil, anda pun tidak kena sembelit lagi.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaatbya terkenal dalam usaha meningkatkan nafsu makan. Hampir sama prinsip kerjanya dengan temulawak, sayur gulma satu ini juga diyakini menambah nafsu makan anda berkali-kali lipat. Apalagi sayur ini juga bisa menurunkan produksi asam lambung yang biasanya membuat nafsu makan menurun.

4. Mengandung Vitamin A

Vitamin A memang didapatkan dari sumber makanan yang memiliki warna merah. Ini sebagai pertanda dari kayanya beta karoten dalam sayuran ini. Nah, meski begitu, ternyata di dalam Junggul juga terdapat vitamin A. Ini amat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Dan sebagai antioksidan untuk peremajaan kulit.
5. Emetik untuk Merangsang Muntah

Muntah ternyata kadang diperlukan. Tidak melulu muntah adalah kondisi yang buruk. Misalnya bila seseorang harus menjalani operasi usus buntu mendadak, maka biasanya dia akan dirangsang untuk muntah. Dengan memasukkan alat ke dalam tenggorokan. Nah, manfaat Junggul rupanya bisa untuk merangsang muntah.

6. Mengobati Sakit Kepala

Khasiatnya ternyata juga bisa untuk mengobati sakit kepala. Efek analgesik sungguh akan didapatkan dari sayuran gulma yang satu ini. Sakit kepala sebelah atau yang dikenal dengan nama migrain juga bisa didapat.

7. Mengobati Kram Perut

Kram perut bisa saja terjadi. Kalau dalam bahasa Jawa sering disebut usus melintir. Kram perut begitu bahaya bila tidak ditangani. Maka dari itu, anda membutuhkan sayuran gulma Junggul untuk mengobatinya.

8. Mengobati Insomnia

Junggul baik dalam pengobatan insomnia. Bila anda sering susah tidur, yang disebabkan karena stress atau pun sibuk kerja. Maka sayur gulma ini patut anda coba khasiatnya.

9. Menambah Daya Tahan Tubuh

Manfaat Junggul juga baik sebagai penambah daya tahan tubuh. Karena sayuran ini memang baik untuk membangun imun.

10. Menambah Energi

Sayuran gulma ini begitu baik dalam menambah energi. Manfaat Junggul bisa membuat anda mendapatkan pasokan energi yang melimpah.

Manfaat Junggul untuk Kesehatan yang Lainnya:

  • Mengobati Sakit Perut karena Susah BAB
  • Menutrisi Rambut Kering dan Kusam Serta Menguatkan Akarnya
  • Membantu Mengeringkan Luka Agar Cepat Sembuh
  • Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
  • Mengobati Radang Tenggorokan dan Panas Dalam
  • Menurunkan Demam dan Mengobati Pilek
  • Melembutkan Kulit Wajah
  • Mengandung Vitamin D dan K
  • Menambah Gizi dan Nutrisi Balita
  • Mencegah Penyakit Tifus
  • Mencegah Kanker Leher Rahim
  • Mencegah Nyeri Otot dan Tulang
  • Mencegah Penuaan Dini Pada Orang Lanjut Usia
  • Menyeimbangkan Tingkat Keasaman Tubuh
  • Sebagai Herbal Aromaterapi
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANFAAT TANAMAN JANGGUL DALAM MENJAGA KESEHATAN"